Selasa, 30 Oktober 2012

BAB 6 Marketing Lingkungan Pemasaran


         Sepeti yang telah kita ketahui pemasaran adalah penghubunga antara penjual dengan pembeli, nah sedangkan lingkungan pemasaran itu lebih spesifikasi lagi, yakni adanya peranan lain seperti distributor, pelanggan, perantara, pesaing, masyarakat dan lain-lain. Untuk memahami pemasaran kita harus mengetahui lingkungan mana pemasaran beroprasi, adapun kekuatan lingkungan yang utama adalah, demografi, ekonomi, alam, teknologi, politik dan budaya. 
 
      Pengertian dari lingkungan pemasaran adalah perilaku dan kekuatan di luar pemasaran yang mempengaruhi kemampuan management pemasaran untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang berhasil dengan pelanggan sasaran.

Disini sudah bisa di lihat kekuatan luar dapat mempengaruhi management pemasaran, untuk membangun dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan. Karena pengaruh tersebut berdampak bagi perusahaan, pihak management pun segera bertindak mengatasi pengaruh pengaruh tersebut.

        Di zaman yang tidak pasti seperti sekarang ini, kita harus bisa beradaptasi dengan cepat, kenapa??? Karena jika tidak dapat beradaptasi dengan baik atau dengan cepat kita akan ketinggalan bahkan perusahaan dapat gulung tikar karenanya. Maka dari pada itu kita juga harus bisa mengamati perubahan yang cepat ini.
Ada dua kapasitas khusus yang harus di amati juga oleh seorang manager dari Lingkungan pemasaran adalah Micro dan Macro.

}  Microenvironment adalah pelaku yang dekat dengan  perusahaan dan mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melayani pelanggannya. Yang termasuk ke dalam lingkungan mikro perusahaan, pemasok, perantara pemasaran, pasar pelanggan, pesaing dan masyarakat.
}  Macroenvironment adalah kekuatan sosial yang lebih besar yang mempengaruhi lingkungan mikro. Yang termasuk dalam lingkungan makro adalah kekuatan demografis, ekonomi, alam, teknologi, politik, dan budaya.


Perusahaan dapat mempersiapkan rencana pemasaran untuk masyarakat utama ini sama halnya dengan pasar pelanggan. Anggaplah perusahaan menginginkan respons khusus dari masyarakat tertentu, seperti itikad baik, kata-kata menyenangkan atau meluangkan waktu dan menyumbang uang.

MERESPONS LINGKUNGAN PEMASARAN

}  Ada pendapat yang mengatakan, ada 3 macam perusahaan :
      Perusahaan yang mewujudkan sesuatu
      Perusahaan yang menonton sesuatu terjadi
      Perusahaan yang tidak tahu apa yang terjadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mari berkomentar yang baik,, sebagai Warga negara yang baikkk