Sepeti yang telah kita ketahui pemasaran adalah penghubunga antara penjual dengan pembeli, nah sedangkan lingkungan pemasaran itu lebih spesifikasi lagi, yakni adanya peranan lain seperti distributor, pelanggan, perantara, pesaing, masyarakat dan lain-lain. Untuk memahami pemasaran kita harus mengetahui lingkungan mana pemasaran beroprasi, adapun kekuatan lingkungan yang utama adalah, demografi, ekonomi, alam, teknologi, politik dan budaya.
Pengertian dari lingkungan pemasaran adalah perilaku
dan kekuatan di luar pemasaran yang mempengaruhi kemampuan management pemasaran
untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang berhasil dengan pelanggan
sasaran.
Disini sudah bisa di lihat kekuatan luar dapat
mempengaruhi management pemasaran, untuk membangun dan mempertahankan hubungan
dengan pelanggan. Karena pengaruh tersebut berdampak bagi perusahaan, pihak
management pun segera bertindak mengatasi pengaruh pengaruh tersebut.
Di zaman yang tidak pasti seperti sekarang ini,
kita harus bisa beradaptasi dengan cepat, kenapa??? Karena jika tidak dapat
beradaptasi dengan baik atau dengan cepat kita akan ketinggalan bahkan
perusahaan dapat gulung tikar karenanya. Maka dari pada itu kita juga harus
bisa mengamati perubahan yang cepat ini.
Ada dua kapasitas khusus yang harus di amati
juga oleh seorang manager dari Lingkungan pemasaran adalah Micro dan Macro.
} Microenvironment adalah pelaku yang dekat dengan perusahaan dan mempengaruhi kemampuan
perusahaan untuk melayani pelanggannya. Yang termasuk ke dalam lingkungan mikro
perusahaan, pemasok, perantara pemasaran, pasar pelanggan, pesaing dan
masyarakat.
} Macroenvironment adalah kekuatan sosial yang
lebih besar yang mempengaruhi lingkungan mikro. Yang termasuk dalam lingkungan
makro adalah kekuatan demografis, ekonomi, alam, teknologi, politik, dan
budaya.
Perusahaan dapat
mempersiapkan rencana pemasaran untuk masyarakat utama ini sama halnya dengan
pasar pelanggan. Anggaplah perusahaan menginginkan respons khusus dari
masyarakat tertentu, seperti itikad baik, kata-kata menyenangkan atau
meluangkan waktu dan menyumbang uang.
MERESPONS LINGKUNGAN
PEMASARAN
} Ada pendapat yang mengatakan, ada 3 macam
perusahaan :
◦
Perusahaan
yang mewujudkan sesuatu
◦
Perusahaan
yang menonton sesuatu terjadi
◦
Perusahaan
yang tidak tahu apa yang terjadi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
mari berkomentar yang baik,, sebagai Warga negara yang baikkk