Selasa, 30 Oktober 2012

week 07 - MENGELOLA SISTEM INFORMASI PEMASARAN



mengenai MArketing


Apa itu system informasi pemasaran??
Yaitu suatu cara untuk mendapatkan kabar atau berita di pasaran baik kebutuhan konsumen, pesaing di pasaran keluhan dan lain sebagainya.
Kenapa perusahaan Perlu mengembangkan system informasi pemasaran??
Untuk mempermudah mendapatkan suatu informasi dari luar,,, tentang pasar Bagaimana mengembangkan system Informasi pemasaran??

Pertama kita harus mengetahui dulu fungsi dari system informasi pemasaran adalah untuk memberikan informasi yang benar kepada para manager dalam bentuk yang tepat, pada saat yang tepat untuk membantu mereka mengambil keputusan pemasaran yang lebih baik, dan Untuk menghasilkan nilai dan kepuasan pelanggan yang tinggi, perusahaan memerlukan informasi pada hampir setiap langkahnya.

Berarti informasi itu penting bagi perusahaan dimana kebutuhan persaingan dsb, bisa Nampak begitu jelas. Jadi informasi sangat membantu untuk kemajuan perusahaan, dimana zamana yang serba cepat ini persaingan begitu ketat sehingga membuat perusahaan harus terus upgrade atau up to date, supaya tidak tertinggal dan jangan sampai gulung tikar. Tetapi kita juga harus bisa memilah mana informasi yang baik dan benar, karena kebanyakan informasi bisa menimbulkan masalah pasalnya dalam hal penyelesaian nya akan lama dan informasi tetap akan terus berdatangan. Oleh karena itu perusahaan harus merancang sistem informasi yang tepat untuk membantu mereka mengambil keputusan pemasaran yang lebih baik.


SISTEM INFORMASI PEMASARAN (Marketing Information System – MIS) terdiri dari :
1.orang,
2.peralatan, dan
3. prosedur (untuk mengumpulkan, memilah, menganalisis, mengevaluasi, dan mendistribusikan informasi yang diperlukan, dengan segera dan akurat untuk pembuat keputusan pemasaran).


Yang paling utama dari sistem informasi pemasaran adalah melayani manager pemasaran perusahaan dan manager lainnya. Di samping itu MIS juga memberikan informasi kepada mitra eksternal karena untuk mencukupi kebutuhan semua pengguna, maksud nya system ini juga bertujuan untuk memepermudah jalan nya informasi bagi pemasok, penjual perantara, atau agen jasa pemasaran (mitra eksternal).

Dalam system informasi pemasaran ada positif dan negative nya, ada kelebihan dan kekurangan. Dasatu sisi kita membuthkan informasi untuk dapat mengembangkan dan meng-upgrade perusahaan, di sisi lain jika mendapatkan informasi yang berlebihan dapat menghambatkan pekerjaan karena terlalu banyak permasalahan, tetapi sebagai manager yang professional kita harus focus pada sisi positifnya atau kelebihan dari system informasi tersebut, dan hanya membuat suatu antisipasi bila ada masalah diluar dari jangkauan atau diluar dari perkiraan.
Sekarang memasuki tahap Pengembangan Sistem Informasi Pemasaran :
1. DATA INTERNAL
Kumpulan informasi elektronik tentang konsumen, dan pasar yang diperoleh dari sumber data di dalam jaringan perusahaan.
Manager pemasaran dapat mengakses dan bekerja dengan informasi di dalam database untuk mengenali peluang dan masalah pemasaran, merencanakan program, dan mengevaluasi kinerja.
2. INTELEGEN PEMASARAN
(Marketing Intellegence) adalah kumpulan dan analisis sistematis dari informasi yang tersedia secara umum mengenai pesaing dan perkembangan di pasar. Tujuan intelegen pemasaran adalah memperbaiki pengambilan keputusan strategis, menilai dan melacak tindakan pesaing, serta memberikan peringatan dini tentang peluang dan ancaman.
3. RISET PEMASARAN
Riset Pemasaran (marketing research) adalah desain, kumpulan, analisis, dan laporan sistematis tentang data yang berhubungan dengan situasi pemasaran tertentu yang dihadapi sebuah organisasi.

Selain melengkapi informasi tentang pesaing dan kejadian di pasar, pemasar sering memerlukan studi formal tentang situasi tertentu. Dalam situasi semacam itu, intelegent pemasaran tidak akan menyediakan informasi detail yang diperlukan. Manager akan memerlukan riset pemasaran.
Proses riset pemasaran :
1. Mendefinisikan masalah dan tujuan riset .
2. Mengembangkan rencana riset untuk mengumpulkan informasi .
3. Mengimplementasikan rencana riset, (mengumpulkan dan menganalisis data).
4. Menerjemahkan dan melaporkan hasil penemuan.

Terlihat sedikit berabe atau ribet untuk melakukan sebuah riset tetapi dengan adanya usaha dan kerja keras focus terhadap apa yang dihadapi perusahaan sebagai manager yang baik dan professional serta bertanggung jawab atas jabatan dan pekerjaannya harus senantiasa optimis untuk dapat menyelesaikannya dan akhirnya akan mendapat hasil yang memuaskan.

Karena itu, sistem informasi pemasaran harus membuat informasi itu tersedia bagi manager dan orang lain yang membuat keputusan pemasaran atau berhubungan dengan pelanggan. Dalam beberapa kasus, hal ini berarti menyediakan laporan berkala dan data terkini; dalam kasus lain, hal ini berarti membuat informasi nonrutin tersedia untuk situasi khusus dan keputusan di tempat. Banyak perusahaan menggunakan jaringan dalam dan luar perusahaan untuk menfasilitasi proses ini. Berkat teknologi modern sehingga sekarang manager pemasaran bisa mendapatkan akses langsung terhadap sistem informasi setiap saat dan dari berbagai lokasi virtual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mari berkomentar yang baik,, sebagai Warga negara yang baikkk