Selasa, 30 Oktober 2012

tugas Week 001 makalah sederhana


BAB I
PENDAHULUAN

I.I.       Latar Belakang
Dalam rangka mengembangkan pengetahuan kami tentang marketing, kami dituntut untuk bisa memahami perkembangan marketing di era ini. Dengan meneliti kasus Sejarah POCARI SWEAT kami mulai mempelajari apa yang kami dapat dari video yang kami peroleh dari dosen.

I.II.      Rumusan Masalah
Di zaman sekarang khususnya di bidang Industri ataupun Perdagangan tidak lepas dari yang nama nya Marketing atau Pemasaran. Disini kami sebagai mahasiswa calon HRD (Human Resourch Management) juga harus mempunyaikemampuan dan jiwa marketing karena perusahaan tanpa marketing tidak akan penghasilan.
Maka daripada itu kami akan menguraikan “Marketing” dari video yang kami pelajari.

I.III.    Tujuan
Adapun tujuan kami menyusun makalah ini yaitu :
1.      Mengerjakan tugas marketing
2.      Agar mahasiswa tidak alergi dengan yang namanya marketing
3.      Agar mahasiswa mengetahui tim work dalam marketing
4.      Agar mahasiswa dapat menerapkan ilmu marketing


I.IV.    Batasan Masalah
Kami menyusun makalah ini membatasi masalah pada :
1.      Menguraikan Definisi Marketing
2.      Konsep Marketing
3.      Pelajaran yang di dapat dari video

I.V.      Metode Pengumpulan Data
1. Observasi
Kami melakukan pengamatan terhadap video yang telah kami terima dari dosen, untuk mendapatkan informasi dan bahan pembelajaran atau penelitian dalam menyusun makalah.
2. Studi Pustaka
Kami mencari artikel, referensi ataupun buku uang berkaitan dengan makalah yang kami susun.


BAB II
I S I

II.I.      Defiinisi Marketing
Marketing atau pemasaran tak lain adalah “menghubungkan penjual dan pembeli potensial satu sama lain”. Meskipun bukan yang tercetus pertama kali namun definisi tersebut menyatakan pandangan yang ada pada akhir abad ke sembilan belas dan awal abad dua puluh.  Dan Marketing merupakan suatu proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penentuan harga, promosi dan pendistribusian barang, jasa, dan ide untuk menciptakan pertukaran dengan kelompok yang dituju, di mana proses ini dapat memuaskan pelanggan dan tujuan perusahaan. (AMA, 1985)
Adapun menurut The Chartered Institute of Marketing, 1997. Pemasaran adalah proses management untuk mengidentifikasi, mengantisipasi, dan memuaskan pelanggan secara menguntungkan, tetapi menurut Cherington menyatakan bahwa fungsi pemasaran adalah membangun hubungan (contact).
Dari definisi-definisi diatas dapat kami simpulkan bahwa pada dasarnya marketing itu menghubungkan antara penjual dengan pembeli atau konsumen dengan produsen.

II.II.    Konsep Marketing
Konsep paling dasar yang mendasari pemasaran adalah kebutuhan manusia. Kebutuhan (needs) manusia adalah keadaan dari perasaan kekurangan. Keinginan (wants) merupakan keinginan manusia yang terbentuk oleh budaya dan kepribadian seseorang.
Selain itu juga ada Ada 5 konsep alternative yang mendasari langkah-langkah organisasi dalam merancang dan melaksanakan strategi pemasaran :
¡  Konsep Produksi
¡  Konsep Produk
¡  Konsep Penjualan
¡  Konsep Pemasaran
¡  Konsep Pemasaran Berwawasan Sosial 

II.III.   Pelajaran yang di dapat dari video
Dalam pemasaran kita harus gigih, tidak pantang menyerah walaupun awalnya kita di hujat penolakan karena rasa dari produk tersebut terasa aneh menurut penjual, tetapi disinilah deferensiasi nya yaitu rasa yang berbeda namun berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Meskipun di awal mula hujatan penolakan dari masyarakat begitu banyak sehingga mendapat kan kerugian yang sangat besar tetapi sebagai pemimpin dan juga berjiwa marketing, direktur utama membuat keputusan yang sangat mencengangkan dan menghebohkan tapi inilah terobosan yaitu membagikan gratis kepada masyarakat, untuk memperkenal kan produk tersebut beserta dengan keunggulan produk tersebut untuk kesehatan.
Dan dari sanalah para marketing perusahaan berfikir untuk menemukan target yang tepat yaitu masyarakat yang berkeringat tepat nya orang yang sedang berkeringat baik pejalan kaki, atlit olahraga sampai pengunjung sauna. Disinilah mereka mulai merasakan khasiat dari produk tersebut. Tidak sia-sia ternyata keputusan yang diambil oleh direktur utama meskipun dengan berbagai kemungkinan namun beliau optimis akan mendapat keuntungan yang besar kelak. Dengan konsep memberi maka akan mendapatkan yang lebih di akhir. Dan ternyata prediksinya tidak meleset satu tahun berikutnya POCARI SWEAT mendapatkan keuntungan tiga kali lipat dari sebelumnya. Mencengankan bukan tapi itulah marketing, selain berusaha untuk memperkenalkan dan menjual produk tim work juga di usung tinggi oleh mereka, dengan melihat kerja sama antara kepala marketing dan anggota nya. Meskipun sudah disiram di awal tetapi mendapat kepuasan di akhir, karena telah mendapatkan hasil yang memuaskan.  Tetapi kita juga harus mengingat persaingan dalam marketing itu ketat jadi tidak boleh begitu saja puas. Jadi selama masih ada jula beli selama itu lah kita berusaha untuk memuaskan pelanggan.











BAB III
KESIMPULAN
III.I.    Kesimpulan
Jadi dari pengamatan yang kami pelajari dalam Marketing itu ada Proses. Dan juga selain itu kami mendapatkan bahwa dalam marketing itu dibutuhkan kreativitas yang tinggi untuk mendapatkan pelanggan.
III.II.   Kritik dan Saran
Demikian makalah ini kami buat sebagai bahan pembelajaran untuk kami. Kami sadari dalam penyusunan makalah ini masih banyak kekurangan baik dalam penulisan, penyusunan maupun dari segi penyajiannya. Maka dari itu kritik dan saran selalu terbuka guna menjadikan motivasi bagi kami. Tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada dosen dan teman-teman seperjuangan yang telah sama-sama mendukung pembelajaran ini baik secara moril, materi dan spiritual. Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih
III.III. Daftar Pustaka
Powerpoint marketing pertemuan pertama
Powerpoint marketing pertemuan kedua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mari berkomentar yang baik,, sebagai Warga negara yang baikkk